Mengenai Saya

Senin, 25 Februari 2013

Resensi Cerpen



                Identitas Cerpen              :
                Judul                                     : Bisa
                Pengarang                          : Yani Rismarwanti
                Penerbit                              : Majalah Teen ( PT VISI INDOMEDIA )
                Jumlah  halaman              : 3 halaman
                Tahun terbit                       : Juli 2011

               
Lima remaja yang tergabung dalam sebuah band yang beranggotakan Andre, Boni, Hendra, Rio dan Resti mempunyai mimpi  yang sama untuk menggapai kesuksesan di ranah hiburan, akan tetapi kekompakkan mereka seakan pupus akibat salah satu anggotanya Andre kerap kali membatalkan latihan band mereka secara mendadak. Andre yang notabene seorang publik figure yang terkenal disibukkan oleh jadwal syuting padat sehingga  ia sering denagn seenaknya membatalkan jadwal latihan semaunya.
Lantas, kelakuan Andre membuat keempat anggotanya geram sehingga salah satu anggota band tersebut mengusulkan untuk berlatih dan mewujudkan mimpi tanpa Andre. Kemudian yang lainpun setuju dengan usulan tersebut dan akhirnya mereka jalan tanpa Andre.
Saat mereka sedang latihan dan berpikir untuk memberikan nama band tersebut tanpa sadar andre tiba-tiba datang dan mengajak mereka untuk berlatih. Akan tetapi, salah satu dari mereka  mencoba  mengatakan kepada andre kalau Andre bukan anggota band mereka lagi. Kentara Andre pun marah, membual dan menyombongkan diri kalau bahwasanya band tersebut tidak akan sukses dan berhasil tanpa ada domplengan nama darinya.
Terjadilah perang mulut diantara mereka. Salah satu dari mereka pun berusaha melerai dan menyuruh andre untuk segera pergi, dan akhirnya Andre pun pergi dengan tampang sombongnya. Dan setelah andre pergi salah satu anggota dari mereka mencetuskan untuk menamakan band mereka dengan nama ‘BISA’ lantas semua setuju. Akhirnya, ‘BISA’ pun bangkit , mereka latihan bersama, mengikuti kompetisi bersama  meskipun kerap kegagalan menghadang mereka tapi mematahkan semangat mereka. Sehingga pada waktunya mereka bisa menuai kesuksesan.
Sekilas ringkasan cerpen karya Yani Rismarwati yang mengusung tema proses pencapaian mimpi. Cerpen yang  kebanyakan memuat bahasa slang atau bahasa ‘gaul’ ini memuat tema remaja  yang bersifat teenlit dan memang ditunjukan untuk kalangan ABG sehingga bahasa yang digunakan menyesuaikan kondisi  pergaulan remaja  sekarang, lantas  materi yang terkandung didalamnya pun tidak terlalu berat, mudah dicerna dan maknanya dengan mudah dapat tersampaikan secara jelas kepada pembaca.
Akan tetapi, cerita yang ditulis Yani Rismarwanti ini terkesan datar sehingga nampak kemonotonan cerita yang mudah ditebak. Kurangnya  pendeskripsian pun menjadi titik lemah cerpen tersebut ditambah latar atau settingan  yang kurang jelas makin membuat cerpen tersebut benar benar datar.
Tetapi yang menarik adalah maksud penulis akan makna yang diusung  tentang pencapaian mimpi, sikap pantang menyerah, mau berusaha dan  keberanian untuk mencoba suatu hal patut dijadikan inspirasi untuk kalangan remaja dalam menggapai mimpi-mimpi mereka, karena mimpi mengalahkan semua keterbatasan. Dan apabila kita telah berusaha tetapi menemukan kendala dalam proses menuju puncak mimpi, sikap pantang menyerah seperti karakter Boni, Hendra, Rio dan Resti ini patut dicontoh dan sikap siap sedia akan resiko yang terjadi pun haruslah mendukung agar resiko  dapat diminimalisir.




                                                                                                                Habsi Hassabah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar